Kuliner Kalimatan selatan

1.   Soto Banjar
Salah satu Kuliner Khas Kalimantan Selatan yang sudah terkenal di penjuru negeri Indonesia adalah Soto Banjar. Tidak heran di setiap restaurant atau warung di Indonesia menyajikan menu Soto Banjar sebagai sajiannya. Soto Banjar menggunakan ketupat sebagai pengganti nasi, dengan kuah soto yang dibuat dengan campuran bumbu dan rempah yang membuatnya gurih dan lezat.

Soto Banjar memang sangat cocok di lidah para penikmat kuliner di Indonesia, namun lebih enak merasakan soto Banjar di daerah asalnya. Atau merasakan sensasi makan Soto Banjar di atas sebuah kapal di atas sungai Banjarmasin. Dengan di tambah irisan ayam, wortel, telur dan perkedel, serta ditambah dengan sambal pedas dan jeruk nipis membuat Soto Banjar ini tambah nikmat. Menyantap Soto Banjar juga bisa di kolaborasikan dengan potongan ayam kampung atau sate ayam.

2.   Ketupat Kandangan
Kuliner Khas Kalimantan Selatan Wajib Coba selanjutnya adalah Ketupat Kandangan. Kuliner ini pertama kali diciptakan oleh masyarakat kota Kandangan (Kabupaten Hulu Sungai Selatan). Dengan berbahan dasar ketupat, hidangan ini disajukan beserta kuah santan dan ditaburi bawang merah goreng. Ditambah dengan lauk ikan gabus (ikan haruan), membuat hidangan ini menjadi tambah nikmat.

Yang membuat unik hidangan ini adalah cara menyantapnya. Walaupun berkuah, ketupat ini akan lebih nikmat disantap menggunakan tangan dibandingkan menggunakan sendok.

3.    Pepes Patin dan Patin Bakar
Pepes Patin dan Pati Bakar merupakan Kuliner Khas Kalimantan Selatan Wajib Coba. Ikan patin memang sangat mudah ditemukan di perairan Kalimantan. Ikan ini bisa ditemukan di sungai atau dikembang biakkan di tambak. Warga Banjarmasin paling sering mengolah ikan patin dengan cara dipepes dan dibakar.

Pepes patin dibumbui dengan rempah-rempah khas sehingga membuat cita rasa yang lezat. Sementara Patin Bakar biasanya dibumbui dengan kecap dan rempah-rempah sampai meresap lalu dibakar. Kedua resep tersebut membuat rasa ikan patin menjadi nikmat dan daging ikan ini terasa manis. Ikan patin disantap biasanya di makan besera nasi, gangan (sayur berkuah) seperti sayur bening, sayur asam atau atau sayur santan, serta sambal acan (terasi) mangga muda.

4.    Lontong Banjar (Lontong Orari)
Kuliner Khas Kalimantan Selatan Wajib Coba selanjutnya adalah Lontong Banjar, namun lontong ini lebih dikenal dengan lontong orari karena lontong ini biasa disantap setiap pertemuan anggota Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia. Lontong ini bisa disantap di Rumah Makan Lontong Orari di Jalan Pahlawan Banjarmasin. Dengan bahan dasar Lontong, hidangan ini disiram dengan kuah santan nangka muda. Ditambah dengan lauk ikan haruan (ikan gabus), ayam, atau telur di olah dengan masak habang (bumbu merah) membuat hidangan ini menjadi tambah lezat.

5.   Gangan Paliat 
Gangan Paliat merupakan Kuliner Khas Kalimantan Selatan Wajib Coba. Gangan Paliat adalah masakan khas dari Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan, tepatnya berasal dari Desa Paliat, Kecamatan Muara Halus, Kota Kelua.

Gangan paliat diolah dengan ikan utamanya adalah ikan baung, bisa juga digantikan dengan ikan gabus atau bisa juga dengan Udang. Gangan paliat ini di masak menggunakan rempah-rempah seperti garam, gula, dan penyedap rasa lainnya. Bumbunya bawang merah, jahe, kemiri, dan kunyit, serta bumbu yang telah dihaluskan, kemudian ditumis dengan sedikit minyak sampai menimbulkan bau yang khas dari bumbu tadi. Disantap dengan nasi, daun singkong, dan sambal acan (terasi), membuat hidangan ini pasti nikmat sekali.

6. Mandai
Kuliner Khas Kalimantan Selatan Wajib Coba selanjutnya adalah Mandai. Bagi warga Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Mandaisudah terdengar tidak asing dan sangat familiar.
Mandai merupakan makanan yang dibuat dari kulit buah tiwadak (buah cempedak dengan nama latin Artocarpus Campeden). Cara mengolah kulit tiwadak ini yaitu  dimasak atau matang setelah dikupas bagian kulit berdurinya lalu dibersihkan kemudian dibubuhi garam secukupnya kemudian dipermentasi ditempat tertutupSetelah proses  pemeraman maka kulit cempedak yang sudah menjadi mandai menjadi lunak maka siap dimasak. Mandai juga bisa digulai, dipepes, atau hanya digoreng setelah diberi bumbu secukupnya, khususnya bumbu bawang sedikit terasi dan irisan cabe besar atau cabe rawit. Cita rasa yang dihasilkan mandai dapat membangkitkan selera makan karena rasanya yang asam dan gurih. Untuk memperlezat mandai, dapat ditambahkan bahan-bahan lain seperti udang, daging, telur dan bahan lainnya. Mandai sangat cocok disantap bersama nasi

7.   Wadai Banjar
Kuliner Khas Kalimantan Selatan Wajib Coba selanjutnya adalah Wadai Banjar. Wadai dalam bahasa Indonesia berarti Kue. Ada banyak jenis Wadai Banjar dengan cita rasa yang berbeda. Wadai Banjar khas Kalimantan Selatan umumnya berasa manis. Adapun nama wadai banjar khas Kalimantan Selatan diantaranya bingka, bingka barandam, apam barabai, tapai, rimpi, kikicak, bulungan hayam, kelalapon, cingkarok batu, wajik, apam, undi-undi, untuk-untuk, sarimuka, wadai balapis, cincin, cucur,  garigit, jaring, sasagun, lupis, pais pisang, hintalu karuang, wadai satu, gincil, serabi, putri salat, patah, pais sagu, pais waluh,lamang, cakodok, gaguduh, ronde, ilat sapi, dadar gulung, agar-agar habang, wadai gayam, amparan tatak, sarikaya, dan lainnya masih banyak lagi.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.